Sabtu, 06 Agustus 2016

KEBIJAKAN EKONOMI DALAM PEMERINTAH REFORMASI PADA MASA PEMERINTAHAN MEGAWATI BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

  A. PENDAHULUAN
     1.1  LATAR BELAKANG

Megawati menjadi presiden setelah MPR mengadakan Sidang Istimewa MPR pada 23 Juli 2001. Sidang Istimewa MPR diadakan dalam menanggapi langkah Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang membekukan lembaga MPR/DPR dan Partai Golkar. Megawati dilantik pada 23 Juli 2001, sebelumnya dari tahun 1999-2001, ia menjabat Wakil Presiden di bawah Gus Dur. Masa pemerintahan Megawati ditandai dengan semakin menguatnya konsolidasi demokrasi di Indonesia, diadakannya pemilihan umum presiden secara langsung dan secara umum dianggap merupakan salah satu keberhasilan proses demokratisasi di Indonesia.
      1.2  RUMUSAN MASALAH
STRATEGI DAN KEBIJAKAN EKONOMI DALAM PEMERINTAH REFORMASI PADA MASA PEMERINTAHAN MEGAWATI BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN…?
1.3  RUMUSAN MASALAH
STRATEGI DAN KEBIJAKAN EKONOMI DALAM PEMERINTAH REFORMASI PADA MASA PEMERINTAHAN MEGAWATI BESERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN…?
Kebijakan-kebijakan lain pada masa Megawati:
Memilih dan Menetapkan
Ditempuh dengan meningkatkan kerukunan antar elemen bangsa dan menjaga persatuan dan kesatuan. Upaya ini terganggu karena peristiwa Bom Bali yang mengakibatkan kepercayaan dunia internasional berkurang.
Membangun tatanan politik yang baru
Diwujudkan dengan dikeluarkannya UU tentang pemilu, susunan dan kedudukan MPR/DPR, dan pemilihan presiden dan wapres.
Menjaga keutuhan NKRI
Setiap usaha yang mengancam keutuhan NKRI ditindak tegas seperti kasus Aceh, Ambon, Papua, Poso. Hal tersebut diberikan perhatian khusus karena peristiwa lepasnya Timor Timur dari RI.
Melanjutkan amandemen UUD 1945
Dilakukan agar lebih sesuai dengan dinamika dan perkembangan zaman.
Meluruskan otonomi daerah
Keluarnya UU tentang otonomi daerah menimbulkan penafsiran yang berbeda tentang pelaksanaan otonomi daerah. Karena itu, pelurusan dilakukan dengan pembinaan terhadap daerah-daerah.
 Kelebihan :
a) Menstabilkan fundamen ekonomi makro meliputi inflasi, BI rate, pertumbuhan ekonomi, kurs rupiah terhadap dolar, angka kemiskinan.
b) Mulai melakukan pemberantasan KKN diantaranya dengan keberanian me -nusakambang- kan dan memenjarakan kroni Soeharto (Tommy Soehato, Bob Hasan dan Probosutedjo) dan menangkap konglomerat bermasalah Nurdin Halid. KPK didirikan pada masa pemerintahan megawati.
c) Berhasil menyehatkan perbankan nasional yang collapse setelah krisis ekonomi 1998 terbukti dengan dibubarkan BPPN pada Februari 2004 yang telah selesai melaksanakan tugasnya. Hasilnya bisa dirasakan saat ini perbankan nasional menjadi relative sehat
 d) Indonesia berhasil keluar dari IMF pada tahun 2003 yang menandakan Indonesia sudah keluar dari krisis ekonomi yg terjadi sejak tahun 1998 dan Indonesia yang lebih mandiri.
        Kelemahan :
 a) Kurangnya pemahaman dalam bidang ekonomi sehingga keputusan yang di ambil tidak berpihak kepada rakyat
b) Terdapat kepentingan ekonomi dan politik dibelakang pemerintahannya.
 c) Dianggap gagal melaksanakan agenda reformasi dan tidak mampu mengatasi krisis bangsa
         Kesimpulan :
Megawati Soekarno Putri ini adalah presiden wanita pertama yang sekaligus menjadi presiden ke 5 RI, hal itu terjadi berdasarkan Sidang Istimewa yang dilakukan MPR. Pada Masa Pemerintahan Megawati Soekarno Putri dalam 2 tahun Ia membuat banyak Prestasi namun juga banyak memiliki kekurangan.
    Saran :
Mungkin dalam hal ini, kita sebagai penerus bangsa harus mampu dan terus bersaing dalam mewujudkan Indonesia bebas dari kemiskinan. Harga diri bangsa Indonesia adalah mencintai dan menjaga asset Negara untuk dijadikan simpanan buat anak cucu kelak. Dalam proses pembangunan bangsa ini harus bisa menyatukan pendapat demi kesejahteraan masyarakat umumnya.

by:ribak



1 komentar: